Pages

Sunday, November 27, 2011

Phobia Badut (Coulophobia)





klo ada anak kecil yang menganggap badut itu lucu dan kocak, enggak buat guee. badut itu fake, sadis dan serem. dengan matanya yang besar, wajahnya yang terlalu putih, dan merahnya itu lhoooh, yakin itu cuma sepuan atau lipstik, bisa jadi itu darah. kenapa rambut badut merah? dan botak di atasnya? apa mereka dari neraka? bajunya yang berwarnawarni bagi gue itu semacam kamuflase. apalagi terlalu banyak corak dengan motif yang acak acakan. selera fashion yang burk. badut itu cewe atau cowo? kenapa bajunya ada rumbai2? kenapa perutnya besar, apa abis makan seorang anak kecil? kenapa sepatunya besar? apa kakinya bukan kaki manusia? badut itu katanya multitalented, kocak, bisa atraksi apa aja. tuh kan atraksii.... juggling, sulap, yup, sulap, dan kebayang gak sih kalau volentirnya anak anak yang masuk ke dalam kotak trus hilang kemana? ...

Oke itu cuma ketakutan gue aja, itu imajinasi gue yang mungkin berlebihan....

ada beberapa alasan kenapa gue sanagat gak suka badut. 

1. Gara gara Film IT
gue bukan penakut, dan waktu masih balita gue bukan tipe yang takut sama badut. tapi waktu SD gue pernah nonton film serem. itu badut IT. setelah gue googling kembali . pokoknya untuk anak under 10th, itu film paling serem. atau setidaknya di jaman waktu kecil gue tonton.  setelah dewasa rasa takut mulai berkurang karena mencoba realistis. tapi gue tetep gak suka ma badut. back to the film. Film IT ini di angkat dari novel horornya Stephen King.

Film ini di garap pada tahun 1990.  Cerita ini berkisah antar-dimensi bentuk kehidupan-predator yang hanya disebut sebagai "It", IT memiliki kemampuan untuk mengubah dirinya menjadi ketakutan  terburuk mangsanya yang memungkinkan untuk mengeksploitasi ketakutan dan fobia dari korban, Para protagonis utama adalah "The Loser Club", atau "The Seventh", 7 orang buangan sosial yang menemukan "Ini" dan bersumpah untuk menghancurkan dia bagaimanapun caranya.

Serial ini  berlangsung selama dua periode waktu yang berbeda, yang pertama yaitu ketika pertama kali mereka menemukan "IT", dan yang kedua ketika mereka dipanggil kembali untuk mengalahkan "it", yang telah muncul kembali. Film ini termasukjenis yang sadis.  ada satu tarian yang digunakan untuk memikat anak anak agar badut itu bisa membunuh anak2 tersebut, nama tariannya adalah Pennywise the Dancing Clown. Hal ini terjadi di kotafiksi Derry, Maine, Amerika Serikat antara 1960 dan1990. dari segi cerita IT sih gue lupa lupa inget, cuma inget beberapa potongan adegan. 

Orang yang belum pernah menonton Film ini mungkin akan terheran heran apa sih yang serem dari film itu. sama seperti elo menonton serial rosemary baby di tahun sekarang, apa yang serem sih. believe me, i just cant explain how terrify it is. klo mau ngetes seberapa serem IT ini, ya cari filmnya dan biarkan anak kecil yang nonton. siapa tau aja anak indonesia sekarang lebih berani. mereka lebih takut pocong pocongan dari pada badut. 

2. Gara Gara Di peluk Badut

terakhir gue inget waktu masih kecil atau TK mungkin entah jalan jalan kemana sama nyokap, gue serasa di peluk dan di culik ma badut. kalau dari versi nyokap gue katanya gue sempet ilang, badutlah yang menemukan gue dan menjaga gue. rasanya gue pengen teriak "boong itu boong!". 

3. Badut Dufan
sesuatu yang gak masuk akal bikin gue takut, contohnya badut dufan, kenapa hidungnya besar? hewan apa sih dia? 

4. Mc.D
badut MC. D dooohhhhhh ... sumpah gak ngerti .... speechless :(

5. 17 Agustus
Waktu jaman SMA, gue ikut pesantren di daerah jawa timur. setiap 17 agustus ada lomba pragawati, masak masak, dan lain lain. ada satu lomba yang menurut gue enggak wajar, lomba jadi badut terlucu. apaan ituuuuhhhhh???
sumpah, gak lucu. karna di paksa temen2 untuk meliat kepanggung akhirnya gue ngumpet di belakang penonton lainnya. tapi da satu moment yang menurut gue salah. begitu gue coba mendekati panggung (yakinin diri biar gak takut) walau diri di dekt panggung tapi mata gue merem. lalalala. ada satu badut besar, yang bingung dan linglung. dan tanpa sepatah katapun dia berjalan meghampiri penonton dan brusaha meraih mereka (termasuk gue) dan gue teriak sampe nangis. sumpah, ini apa sih rumah hantu???

pengalaman itu cukup ... sangat cukup untuk bikin gue trauma ma badut. saat gue buka IT di youtube, mungkin rasa takut itu sedikit berkurang, cuma, entah kenapa gue mual dan pengen muntah. dan kalau lo baca komen di youtube, mereka semua tuh korban film itu. maksudnya anak anak jaman itu pasti ngalamin mimpi buruk abis nonton film itu. 


6. wayang orang punakawan, 
Petruk, semar, gareng, bagong, udah deh, menurt gue  itu badutnya versi indonesia, dan mereka lebih serius dan sama sekali gak lucu. gak lucuhhh.

mungkin gak sih gue coulrophobia?? gue bisa aja teriak, deg degan, sampe mual mual pengen muntah. 

special di artikel ini, gue nggk akan masukin gambar badut apapun... apapun. jadi gue masukin gambar komik yang badutnya gak mirip badut.











2 comments:

  1. film horor taun 1990? Whosshh.. itu kita lagi jaman TK, kok elo (di usia segitu) boleh nonton gituan seh? (o_O)?

    ReplyDelete
  2. filmnya itu ngeboomingnya sih thn 90, tapi gue nontonnya sih paling thn 92/93. kelas 3SD kira kira

    ReplyDelete