Pages

Saturday, August 13, 2011

All about The Cure

Kali ini  gue akan ngebahas 1 band new wave asal inggris. 
sekarang band ini terdiri dari
  • Robert Smith – lead vocals, guitars, keyboards (1976–present)
  • Porl Thompson – guitars, keyboards (1976–1978, 1983–1993, 2005–present)
  • Simon Gallup – bass guitar, keyboards (1979–1982, 1985–present)
  • Jason Cooper – drums, percussion (1995–present)

 personil terdahulu yaitu :
Michael Dempsey
Matthieu Hartley
Phil Thornalley
Andy Anderson
Boris Williams
Perry Bamonte
Lol Tolhurst
Roger O'Donnell 


The Cure merupakan band rock alternatif Inggris terbentuk di Crawley, West Sussex pada tahun 1976. Band ini telah mengalami beberapa perubahan line-up, dengan vokalis, gitaris dan penulis lagu utama Robert Smith menjadi anggota-satunya yang konstan. The Cure pertama mulai merilis musik pada akhir tahun 1970 dengan album debutnya Three Imaginary Boys (1979).



Setelah merilis Pornografi (1982), band ini jadi luntang lantung tidak pasti dan Smith sangat ingin bergerak melewati masa "suram" band-nya saat itu. Popularitas The Cure meningkat satu dekade kemudian, terutama di Amerika Serikat di mana lagu "Just Like Heaven", "Lovesong" dan "Jumat aku in Love" masuk ke billboard top 100. Pada awal 1990-an, The Cure adalah salah satu band alternatif rock paling populer di dunia. Band ini diperkirakan telah menjual 27 juta album di tahun 2004. The Cure telah merilis tiga belas album studio  dan lebih dari tiga puluh single selama karir mereka. dan gue mulai bener2 mngenal mereka dan menyukai lagunya 10 tahun kemudian yaitu pada awal tahun 2000an. walaupun sebenernya pada tahun 90-an gue dah pernah mendengar beberapa lagunya.
wawww robert smith keren, robert  smith is the cure -  the cure is robert smith.  ternyata perjuangan dia di awal awal memang sulit. dan sejak muncul di akhir 70 an, ternyata butuh waktu 10 tahun lebih untuk bisa diterima orang teruatama di amerika. canggihhhh.


The Cure sendiri sering diidentifikasikan dengan subgenre  gothic rock dari rock alternatif. Namun, band ini menolak pengklasifikasian tersebut, khususnya sebagai sebuah band gothic rock. Robert Smith mengatakan pada tahun 2006, "It's so pitiful when 'goth' is still tagged onto the name The Cure", dan dia menambahkan, "We're not categorisable. I suppose we were post-punk when we came out, but in total it's impossible [...] I just play Cure music, whatever that is." Smith juga menyatakan kebenciannya kepada gothic rock, menggambarkan sebagai hal yang sangat membosankan dan monoton. habis gimana, kadang make upnya begitu ... ya rambut masih begituuu, garis mata masih begituuu .... masih pake lipstik pulaa.  ada yang bilang kenapa dia disebut gohic karena permainan efek gitarnya. Dia juga bermain di band dan Siouxsie the Banshees. Selain gitar, Smith memainkan bass 6-string dan keyboard. memang sih  ada beberapa lagu musiknya memang mirip ramones yang rada2 nge punk. tapi gue nggk ngerti soal musik, jadi cuma manually denger aja.


ini dia discographynya
kebetulan waktu tahun 2001 gue sempet beli kaset the greatest hits of the cure di salah satu mall di tangerang. 

kayak gini nih cover albumnya :




terus gue sempet beli kaset kompilasi rock yang isinya ada the cure nya dengan judulnya the end of the world, well lagu itu masih bisa gue terima, tapi yang etrakhir gue sama sekali gak tau lagu terbarunya seperti apa.


Robert Smith
Robert James Smith (lahir pada tanggal 21 April 1959) dan itu tiga tahun lebih muda dari usia bokap gue. apa yangetrjadi dengan penyanyi indonesia di usia seperti itu yaaa pasti sudah menjadi sangat membosankan. yuppp it's all about the energy.  NY Rock memanggilnya "pop culture's unkempt poster child of doom and gloom" dan lagunya di gambarkan sebagai "sombre introspection over lush, brooding guitars"
Pada tahun 2003, Smith berkolaborasi dengan band pop punk Blink-182 di track lagu "All of This".
Pada tahun 2005, Smith bekerja sama dengan Billy Corgan, yaitu vokalis dan gitaris dari 2 band -- The Smashing Pumpkins dan Zwan, untuk melakukan sebuah cover lagu dari Bee Gees '"To Love Somebody".
di film alice in woderland nya tim burton dia ikut mengisi spot track almost alice yaitu lagu yang berjudul "Very Good Advice".
ada yang bilang smith muda itu mirip ben affleck dan robert pattinson saat mereka masih muda. jadi jangan ngebayangin make upnya smith sekarang. tapi muka waktu mudanya.  ya wajarlah sekarang dah mau kayak kakek2 udah gak bisa jaga badan.




ganteng kan




lagu paling favorit
Nggak diragukan lagi The cure udah merilis banyak album dan single. tapi dari sekian banyak itu ada beberapa yang paling gue inget, gue apal, dan gue suka
  • Boys dont cry . -------- lagu ini singkat, dalem, mudah di hapal, ngena. everlasting. mengingatkan gue pada film boys dont cry juga.
  • friday i'm in love
  • Trust (lagu ini di bawakan ulang oleh Homogenic)
  • 10:15 On a Satuday night
  • Love song (di bawakan lagi oleh 311)
  • letter to ellise
  • just like heaven
  • the end of the world
  • a forest ( nuansa upstair berasa)
  • the lovecats
  • love will tear us apart ( joy division-cover)

 musisi band indi indonesia juga banyak dipengaruhi oleh band the cure ini.
 dan lagu lagunya juag banyak di cover sama band 2 sekarang ... kalau the cure datang ke indonesia mungkin gue penasaran banget ma momentnya, tapi gue nggk penasaran ma penampilan mereka nanti, udah pada tua juga, buktinya waktu suede datang penonton banyak yang kecewa ...



 

No comments:

Post a Comment