Pages

Thursday, September 8, 2011

aslinya hewan tasmania

familiar dengan Devil tazmania yang ada di tiny toons?kira2 hewan tasmania bener-bener ada gak ya? kalau ada, seperti apa ya binatang tasmania tersebut?

Seperti yang digambarkan di kartunnya (Tiny Toons), tazmania atau tasmania adalah hewan yang suka mengeram, enggak pernah puas dan Gila. Setan Tasmania memiliki disposisi yang terkenal pemarah dan akan langsung menyerang dengan penuh kemarahan ketika terancam oleh predator lain, berjuang untuk pasangan, atau mempertahankan makanan.

Orang orang eropa yang bermukim waktu dulu menyebutnya Devil "setan" setelah mereka menyaksikan suatu penampakan berupa gigi yang dipamerkan (seperti vampire), rahang yang besar dan suka menerjang. tasmania karena hewan tersebut memilki

Hewan yang tergolong dalam kelas Mamalia ini terkenal agresif, memiliki mantel bulu cokelat atau hitam kasar dan profil yang kekar yang membuat penampilan mereka nampak seperti bayi beruang. Kebanyakan memiliki strip putih atau patch pada dada mereka dan bintik-bintik cahaya pada sisi sisinya atau bagian belakang. Mereka memiliki kaki depan yang panjang  dan kaki belakang pendek, sehingga jalan mereka seperti babi.

Devil Tasmania termasuk marsupial karnivora terbesar di dunia. panjangnya mencapai 30 inci (76 cm)  dan berat hingga 26 pon (12 kilogram), meskipun ukurannya akan sangat bervariasi tergantung pada rentang tertentu dan ketersediaan makanan. otot rahangnya kuat dan memiliki gigitan paling berbahaya diantara hewan mamalia lain. Marsupial adalah mamalia dimana mamalia betina memiliki marsupium (kantong perut) seperti kuskus, Kanguru dan Koala Australia .

 

Devil Tasmania adalah hewan karnivora yang bertahan hidup dengan memangsa ular, burung, ikan, dan serangga dan berkumpul memakan bangkai. Mereka paling berisik ketika memperebutkan bangkai besar. (pantean klo di kartun suaranya bua bua buampprrs ppzzrtttt *ludah kemana mana ) . Seperti marsupial lain,  ekor mereka membengkak terisi dengan lemak yang tersimpan.

Devil tasmania biasanya menghabiskan hari harinya di kayu berongga, gua, atau liang, dan muncul pada malam hari untuk memberi makan. Mereka menggunakan kumis panjang mereka dan rasa penciuman yang sangat baik dan penglihatan untuk menghindari predator dan untuk menemukan mangsa dan bangkai. Mereka akan makan apa saja dan cukup banyak yg bisa mereka dapatkan hanya dengan gigi mereka, dan ketika mereka menemukan makanan, mereka rakus, segala sesuatu-termasuk memakan rambut, organ, dan tulang. (inilah kenapa di kartun dia seperti makan meja atau apa saja)

lama sang betina menagndung yaitu kira kira 3 minggu, dan bisa melahirkan 20 sampai 30 anak yang angat kecil dan mungil. bayi bayi mereka kemudian merangkak kebulu induknya dan memasuki kantong. tapi sayang si betina hanya memiliki 4 puting susu, sehingga hanya segelintir bayi yang bertahan hidup. sang bayi baru akan muncul ke luar ketika berusia 4 bulan dan mereka di sapih (tidak menyusui lagi) di usia ke 6 bulan, dan mulai bertahan hidup sendiri pada usia 8 bulan.

Hewan ini tadinya beredar di seluruh daratan asia, tapi sekarang hanya berada di pulau Tasmania saja. Ahli biologi berspekulasi bahwa kepunahan mereka di daratan disebabkan pengenalan anjing Asia, atau dingoes.

 Dulu para petani/peternak menganggap devil tasmania sering mengganggu hewan ternak mereka (padahal biasanya devil tasmania hanya megambil unggas), dan para petani/peternak berusaha untuk membasmi hewan tersebut. tapi pembasmian akibat kekeliruan tersebut bisa dicegah.Pada tahun 1941, pemerintah membuat setan spesies yang dilindungi, dan sejak saat itu  jumlah mereka telah berkembang terus.

Habitat yang terancam

meskipun begitu,  Tragisnya, penyakit yang parah ditemukan pada pertengahan 1990-an dan telah menewaskan puluhan ribu setan Tasmania. Disebut penyakit tumor wajah Iblis (DFTD), kondisi ini cepat menyebar, kanker ini tergolong langka yang menyebabkan benjolan yang besar di sekitar mulut hewan dan kepala, sehingga sulit bagi hewan tersebut untuk makan untuk makan. (azab Allah). Hewan itu akhirnya mati kelaparan. daerah yang belum tertular penyakit ini menjadi tempat eksekusi oleh ahli kesehatan yang berfokus pada  program-program penangkaran untuk menyelamatkan spesies dari kepunahan. Karena wabah, pemerintah Australia telah mendaftarkan Devil Tasmania sebagai hewan yang rentan dan terancam punah.


















No comments:

Post a Comment