Pages

Saturday, September 24, 2011

i love menu Indonesia

tagline blog gue Sharing great conversation over delicious foods  gak lengkap rasanya kalo nggak ngebahas makanan. jadi gue mulai dari menu indonesia ...
Indonesia mempunyai kekayaan kuliner yang luar biasa. dan gue bangga. tapi sebelumnya ada makanan dasar yang paling gue suka

1. Tempe
(orek tempe, tempe mendoan, tempe goreng, tempe kering,tempe dalam gado gado, tempe dalam nasi goreng, tempe penyet, semur tempe) i love tempe. tempe sebenarnya produk gandum dengan kandungan folat tinggi  dan sangat penting untuk perkembangan janin normal. Tempe dirancang untuk vegetarian, tetapi juga untuk orang yangkurang  ingin makan daging karena alasan lingkungan misalnya. Pengolahan tempe ini dilakukan melalui fermentasi dengan bantuan mikro jamur Rhizopus oligosporus.tempe dapat meningkatkan tingkat zat besi dalam individu dan juga  protein.









2. kangkung
 sedang membayangkan tumis kangkung seafood hotplate .... gue paling suka klo masak kangkung, apalagi kalo pedes, mantaflah. kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Di Cina, sayuran ini dikenal sebagai weng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage, water convovulus, atau water spinach.
Kangkung memang berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun di
tubuh. Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol.
Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), sedatif (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan.



3. oncom
adalah salah satu makanan pokok tradisional Barat (Sunda) Masakan Jawa. Ada dua jenis oncom: oncom merah dan hitam oncom. Oncom terkait erat dengan tempe, keduanya adalah makanan fermentasi menggunakan cetakan. menu yang paling gue suka sambel goreng oncom . yummyy






4. Kentang
Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan



 Keripik kentang terbesar di dunia diproduksi oleh Perusahaan Pringle di Jackson,TN, pada tahun 1990.
Kentang ramah lingkungan, murah dan mudah untuk tumbuh, dan tidak memerlukan sejumlah besar pupuk dan bahan kimia tambahan untuk berkembang.
Kentang telah Dibudidayakan di Ruang angkasa Pada tahun 1995, tanaman kentang dibawa ke ruang angkasa dengan pesawat ruang angkasa Columbia. Ini menandakan kentang adalah pertama kalinya makanan yang pernah tumbuh di ruang angkasa.


Umbi kentang mengandung zat pati (amilosa), protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang serta vitamin A,B, dan C. Oleh karena itu, apabila anda terserang diabetes maka anda bisa mengganti nasi dengan kentang rebus, karena zat gula pada kentang lebih sedikit. Sedangkan apabila anda terserang anemia (kurang darah) maka dianjurkan untuk banyak memakan masakan dari kentang agar darah cepat kembali normal.

cheese mashed  potato

Selain umbinya,kulit umbi kentang juga dapat digunakan untuk gangguan system integument dan gangguan pada system yang lain. Kulit kentang dapat menetralkan radikal bebas yang merusak sel – sel yang akan mengarah pada sejumlah penyakit termasuk kanker. Sering mengkonsumsi sop kentang dapat bermanfaat bagi pengobatan asam urat, ginjal, dan lambung, juga dapat digunakan mengganti mineral dalam sistim tubuh.

french fries

pada kentang terdapat indeks glycemia yang cukup tinggi dan mengandung solanin sehingga dapat menaikkan insulin dan gula darah dengan cepat, sehingga dapat merugikan penderita diabetes dan mengakibatkan mual, muntah dan diare. Untuk menurunkan reaksi solanin, simpan kentang di lemari pendingin atau di tempat yang lembab.


sumber:
-wikipedia
- sabdho.wordpress.com/2011/05/25/khasiat-kentang-mantapppppppp/

No comments:

Post a Comment