Pages

Tuesday, February 4, 2014

jogjaaa

akhirnya pada 20 sept 2013 akhirnya gue sempetin unyuk liburan ke jogja.
dari halte transjakarta kebon jeruk menuju harmoni, trus transit cari yang jurusan senen.
kereta gue berangkat jam 1 siang, dan ternyata hanya dengan naik transjakarta di hitung mulai nunggu sampe mact2nya, dr ke bon jeruk ke pasar senenn bisa hampir 2 jam. tapi berhubung tinggal duduk dan lebih murah, jadi gak papa lah.

dari stasiun pasar senen kita naik kereta ekonomi. sebenernya kita ngejar perjalanan malam, tapi ternyata susah juga ya klo hr jumat. untuk tiket pulang pergi hanya menghabiskan 110ribu. karena kereta ekonomi hanya seharga 55ribu. kalau kita cek di web nhya kereta apai atau di tiket.com suka ada promo bisnis atau eksekutif cuma seharga 100ribu. lumayan banget kan. tapi biasanya itu di hari hari atau jam sepi, enggak untuk weekend.

beberapa kali ke jogja gue ga sempet mampir ke rumah temen. karena rumahnya yang lumayan 30 menit dr pusat kota, juga faktor kendaraan. akhirnya gue menginap di penginapan murah aja pas di belakang marioboro.

kalau harga wikwn rata rata yang ditawarkan paling murah 150ribuan. tahun 2012 gue kejogja gue menginap di penginapan rejeki. double bed, kipas angin, non tv, kamar mandi dalam, luas dan bersih, sekitar 125ribu.

tapi di 2013 ini gue menginap di penginapan  lucy, agak sedikit masuk. 150rb permalam, twin bed, kamar mandi kecil. kipas angin. kita dapet kamar yang di lantai 2. lumayanlah kalau buat patungan.

di jogja kemana aja

jujur, selama di jogja gue ga ke kraton, padahal itu paling deket. gue lebih ke museum dan taman sari, demi keperluan foto foto juga hehe. gue ke raminten. gue ke merapi untuk wisata volcano. yang ga kesampean yaitu makan di angkringan depan kantor kedaulatan rakyat. di hari pertama sepi, mereka gak jual karna ada jokowi di kantor kedaulatan rakyat. gue penasaran apa yang bikin tempat makan itu segitu fonemenal.

ada sedikit tips dari gue :

1. lebih baik sewa motor - syarat : ktp asli dan sim. 24 jam. bensin isi sendiri. waktu itu gue pake motor sampe ke merapi.

2. klo mau cepet janagn naik transjogja, sumpaaaaaahhhhhhh itu bis lama amattt. ada yang bilang cuma beberapa unit (ga sampe 10)

3. klo mau beli oleh oleh, putuskan saat itu juga, maksdnya gini, sepanjang malioboro kan banyak yang pedagang oleh2, kalau ada yang tertarik langsung beli. sepanjang jalan itu harga sesama lapak ga beda jauh kok,  jangan sampe masuk toko keluarb toko tapi ga nemuin apa2. karna disana barang sama aja. dan kalau mau balik lagi, lumayan jauuhh, padahala gak berasa karna ramenya.

4. kalau mau lebih murah jangan makan di sepanjang angkringan malioboro. karna harga nya lebih mahal. dan yang ditawarkan itu itu aja. menu seafood dan gudeg. sesekali bisa lah. tapi sebenernya banyak tempat makan yang lebih ok, murah, dan enak yang letaknya emang ga sekitar malioboro, ada motor kqn, yan udah pake aja ituu.

5. tukang becak disana emang becak wisata, tapi wisata oleh oleh. merfeka bilang : pusat oleh2,batik sama apa gitu cuma 5000. iya sih, tapi klo tujuannya mau ketaman sari atau keraton, itu biasanya tujuan akhir.

6. jangan lupa bawa sunblock, kaca mata hitam, payung klo perlu, karna jogja panassss.

sementara itu dulu sih tipsnyaa, nanti kalau inget lagi ya sambung lagi