Pages

Tuesday, February 25, 2014

Kronologi musik di hidup gue


Gue besar dengan mendengarkan berbagai macam jenis musik. Nyokap gue sih penggemar berat michael jackson. Tapi gue sering ngedengerin nyokap nyanyi lagu campur sari atau lagu keroncong.
Jadi Nyokap gue pernah melakukan tindakan kriminal. Yup ... nyokap gue sering pulang dengan membawa kaset bajakan. Asli. Sampe lagu anak2 pun yg bajakan di beli ama nyokap. Dan gue tau banget itu bajakan itu karena covernya cuma kertas yg setebal kertas karton dan hanya tulisan playlist side a side b. Saat itu gue masih sd.
Dulu gue sempet ngerasain ga punya radio mini compo. Jadi nyokap gue suka minta tlng gue buat minta om bowo, bpk tetangga sebelah yg sering cuci mobil di depan rumahnya, dia sering mencuci sambil setel musik ygbkenceng. Tapi kaset yg nyokap beli bukan lagu campur sari atau keroncong, tapi untuk di puter kenceng2 nyokap beli lagu pop barat.

Judulnya kompilasi

Gue beruntung nyokap gue penikmat segala musik, nyokap gue suka beli kaset kompilasi contohnya kompilasi lagu anak2 bahkan di kompilasi itu ada soundtrack lagu ultramen yg bahasa indonesia, ada kaset house music reggae, franky n jane, lagu soundtrack return of the condor heroes, dan dulu ada satu jenis musik yang setenar poco poco yang mirip dengan poco poco, tapi gue lupa itu musik atau goyang apa, nah nyokap gue punya kaset kompilasinya.
Gue dengerin the beatles, gue dengerin lelaki dan rembulan, gue dengerin baby blue, gue dengerin heti koes endang, gue dengerin marimba day, gue dengerin lagu lagu evitamala, gue dengerin white snake legend, gue dengerin koes ploes, gue dengerin nicky astria, gue dengerin ahmad albar, gue dengerin amy search dll.
Satu satunya kaset original yang di beli nyokap gue yaitu kaset karaoke. Dan di dalam kaset itu ada lagu nike ardila yng judulnya suara hatiku dan lagu mandi kembang tengah malamnya caca handika.
Dan saat itu gue kayaknya sudah terlalu telat untuk mengenal nike ardila. Men,padahal Temen temen gue dah punya potongan klipingan fotonya di lemari pakaian mereka dan stikernya menempel di cermin kamar mereka. Gue bukan pendengar setia nike A tapi gue tumbuh dengan temen2 yg dengerin musik mereka.

Ga punya aliran musik ....

Gue bukan fanatik aliran musik tertentu, dan gue juga bukan poses. Buat gue music is always a friend for every mood. Iyalah, saat sedih, saat marah, saat kompromi, musik yang gue denger bisa apa aja.
Tapi lama kelamaan gue kelabel sendiri dengan musik yg gue suka. Iyaahh gue suka banget dengerin musik rock. Semakin gue dengerin, gue ketagihan. Ga bosen bosen. dan selalu penasaran. Idealnya orang dengerin musik dr apa yanb tersaji, klo gue nggk, gue dengerin albumnya, walaupun akhirnya gue cuma suka 3 lagu ajaa dari lagu itu gapapa. Musik rock itu ga ada abisnya.
Musik dan cowok ...
Musik rock biasanya cowo banget. gue ga punya suka kakak cowo yang bisa ngenalin lagu rock tapi gue bersyukur waktu SMA gue kenal sama org2 yang memeperkenalkan gue lebih jauh soal musik rock. Gue mulai dengerin green day, ska, firehouse, G&R, aerosmith, pearl jam, nirvana, blur, dll.
Damn i love my senior in high school.
Udah gitu gue waktu SMA sempet suka sama cowo. Dia ngasih pinjem gue buku yang panjang kali lebarnya itu sebesar buku peta dunia, dan tebelnya hampir setebel kamus bhs inggris oxford, bagian oxford agak sedikit lebay, tapi pada saat itu buku itu keliatan tebel buat gue. Tau itu buku apa? Itu isinya lagu lagu nya the beatles, ah lupa isinya apa lagi. Sebelumnya gue paling cuma dengerin satu atau 2 lagu beatles, tapi ini banyak banget. Gue baru tau lirik lagu my bonnie lies over the ocean, my bonnie lies over the sea ... yang jadi lagu rakyat org skotlandia juga sempet dinyanyikan oleh the beatles. Ya banyak deh. Gue kayak baru dapet buku lembar bocoran uas, i was like uwoooooooowwww!!! Awesome!!!
Jadi sebelum gue tau banyak lagunya, gue membaca lirik2 the beatles dan idealisme mereka, pesan yg disampaikan, semua itu begitu misteri buat gue. Krn saat itu gue anak SMA yg belum tau banyak budaya luar.
Jadi yaaa .... Gue akan  nyangkal kalau gue suka sama cowo berdasarkan musiknya. Tapi a man with a good taste of music is always cool. Gue pernah suka cama cowo yg suka musik rock 80an, gue pernah suka cowo yang suka musikk rada ngejazz, gue pernah suka cowo dengan musik britpopnya, pernah suka cowo dengan selera musik rapnya, tapi sampe saat ini gue belum pernah suka sama cowo dengan lirik2 yg dangkal, lagu yg asal mudah di apal.
Jaman gue awal kuliah yg lagi happening adalah musik hiphop dan emo. Tapj di indonesia sendiri, band band indie jakarta bandung jogja lagi ganas ganasnya. Dan Itu gila bgt kerennya

Musik itu ....

Semakin dewasa, pemahaman gue soal musik makin dalam dan luas. Pikiran gue terbuka sama hal hal baru. Jd buat gue ...
1. Musik itu identitas. Gaya hidup ssrg. Pola pikir seseorang bisa di baca dr jenis musik yg dia suka. Jadi ya kalo ada cowo yang sukaaaaaa dan ngefans banget sama lagu lagunya kd, bisa di pastikan antara cowo itu terlalu sensitif atau gay...  eh sorry kebanyakan sihh ga bisa di pastikan juga :p
2. Musik itu alat aspirasi. Org yg punya konsep, pemahaman, ide, ungkapam isi hati, dll bisa di sampaikan lewat musik. Orang bisa mempengaruhi orang lain dengan lirik2nya.
3. Musik itu instrumen waktu. Ada kenangan di dalam musik. Ada momen yg di bawa oleh musik.
4. Udah ga asing musik itu bahasa dunia. Kita belajar mengenal budaya lain bisa dngan mengenal musiknya. Musik itu pemersatu.
"all diseases can be cured by music except toothache"

1 comment:

  1. Im impressed, I should say. Pretty rarely do I come across a blog thats each informative and entertaining, and let me let you know, youve hit the nail on the head. Your blog is significant; the problem is some thing that not sufficient men and women are talking intelligently about. Im seriously happy that I stumbled across this in my search for one thing relating to this issue.

    ReplyDelete