Pages

Monday, April 18, 2011

Susahnya minta Maaf

Entah karena gengsi atau apa, kadang kita yang tadinya tulus mau minta maaf malah gak jadi minta maaf. Buat kamu yang tulus mau meminta maaf, ada beberapa hal yang perlu kita tahu dalam emminta maaf.

1. Harus fokus
minta maaflah pada hal yang benar benar kamu rasa salah. dan harus lebih spesifik. misalanya pada satu kejadian, kamu ga dateng pada acara yang sudah di janjikan bersama, ya minta maaf untuk itu saja. jangan meminta maaf karena hal hal lain yang sudah lewat atau kebiasaan buruk kamu.

2. Mengakui dan menyadari
Kadang kita sadar kalau kita bener bener membuat orang kecewa dan menyakitin perasaan mereka, tapi bagaimana caranya supaya mereka tahu bahwa kita merasakannya. sehingga tidak memberi kesan kalau kamu ga peduli n cuma sekedar minta maaf. dan mereka akan merasa kalau kamu mengerti bagaimana kondisi sesungguhnya. kadang kadang kita bisa juga bilang ke mereka "aku tahu ini sulit buat kamu, aku juga gak bisa berharap banyak kalau kamu bakalan maafin aku ...." hal ini memberi kesan kalau mereka yang megang kendali atas situasi tersebut. dan langkah selanjutnya jadi terserah mereka.

3.Tanggung Jawab
Setiap kesalahan pasti ada konsekuensinya dong. ya bilang, kalau kamu akan bertanggung jawab.  Jangan mencoba untuk membela diri atau membenarkan situasi atau tindakan kamu. Permintaan maaf adalah semua tentang MEREKA dan bagaimana mereka merasakan. gak peduli apakah tindakan itu disengaja atau tidak, hasil akhirnya adalah sama.

4.Janji
saat kamu meminta maaf jangan lupa di ikuti lagi kata "aku janji gak akan ..." hal ini penting untuk membangun kembali kepercayaan.(sepertinya ini gak berlaku bagi rang yang suka ngelanggar janji yee)


No comments:

Post a Comment