Pages

Thursday, July 28, 2011

This Is Fractal

suatu hari gue membuka buka dev-art, browsing sesuatu disana, dan gue menemukan satu design yang aneh dan pusing tapi juga indah. pertama kali gue liat, gue kira itu vignet, tapi kok agak berbeda yaa. pemilik design ini memiliki akun di devart yang bernama  guagapunyaimel

"INI FRACTAL ... " begitu jawabannya ketika gue tanya itu art jenis apa?


fractal? apa itu fractal?
akhirnya gue browsing untuk mencari tahu jawabannya.  fractal itu ternyata memiliki penjelasan yang cukup kompleks. fractal dikaitkan dengan rumus matematika (bagiuan ini gue nggk ngerti). tapi ternyata kesatuan struktur atom, DNA, bahkan gambar molekul salju adalah fractal. dan sekarang bisa di aplikasikan ke dalam bentuk seni.





dari pengertian yang gue tangkep fractal itu semacam seni geometris yang memiliki bentuk yang sama ketika dipecah menjadi beberapa bagian, karena masing masing bentuk merupakan duplikat atau copy dari bentuk yang awal. duplikat tersebut bisa menjadi besar atau pun kecil. jadi ibarat ada satu gambar isinya terdiri dari beberapa bola matahari, entah itu yang besar atau yang kecil, kesemuanya itu tergabung dalam satu gambar yangmenyatu dan terhubung sehingga menjadi seni yang indah. yup menurut gue yang menjadikan fractal itu indah adalah bagaimana kita menggabungkan gambar yang sama sehingga menjadi bentuk kesatuan gambar yang utuh dan indah. 

di dev-art sendiri ada group yang khusus di buat untuk pecinta fractal, namanya  Apophysis
digrup ini tentunya kita akan melihat seni fractal yang canggih, seperti yang sudah gue ambil di dev-art

Aini lebih mirip wave



melihat fractal gue jadi teringat jaman sd dulu. disitu gue punya penggaris yang terdiri dari 2-3 lobang ditengah penggaris itu.  dan disisi lobang tersebut teksturnya berjeriji / geret geret kecil. kenapa geret geret, karna ternyata penggaris itu di lengkapi bulatan tang sisinya berjeruji kecil juga dan dengan ukuran yang berbeda. bulatan tersebut memiliki lobang untuk tempat ujung pinsil. dengan gerakan emmutar dari ujung pinsil tersebut secara berulang ulang maka kita kan membentuk sebuah bunga.
kebetulan gue punya gambarnya.  gue dapet penggaris ini waktu kerumah teman gue, ery namanya, yang kebetulan anaknya yang baru berusia 3 tahunan punya menan ini. berkaca kaca gue. langusng aja gue foto. mengingat penggaris ini udah jarang gue temukan. ini dia penampakannya :





anyway gue nggk tau itu namanya penggaris apa. jadi gue bilang aja penggaris kembang
kira2 klo mau jelas ya hasilnya sperti ini :



karna fractal ini, gue jadi berusaha unuytk memperhatikan detail. dan sepertinya sang pencipta memang menciptakan sesuatu dengan seni ...:) selamat berkarya, smoga menginspirasi


No comments:

Post a Comment